Seorang blogger baru atau biasa disebut newbie biasanya mengatakan bahwa alasan pertama mereka menjadi seorang blogger adalah hanya sekedar penyalur hobi atau sebatas mengisi waktu luang. Akan tetapi, beberapa blogger yang sukses meraup recehan uang dolar dari kegiatan ngeblognya secara tidak langsung telah menjadi alasan lain dari mereka yang hobi ngeblog, yaitu mencari dolar $$$.
Bagaimana newbie bisa menghasilkan dolar?
Salah satu upaya yang paling banyak dan paling mudah dilakukan oleh seorang blogger untuk menghasilkan dolar:
  1. iklan-iklan yang mereka pasang di laman blog mereka, seperti iklan ppc, GoogleAds, pop up, pop under dan iklan-iklan sejenis, baik yang berbayar atau pun cuma-cuma alias gratis, baik yang berupa banner atau pun teks, baik berupa produk atau pun link refferal.
  2. dengan pemendek url yang terpasang dalam isi artikel atau berupa link refferal.

Lalu iklan apa yang paling cocok untuk newbie?
blog seorang pemula atau newbie biasanya tidaklah terlalu ramai bahkan cenderung sepi pengunjung. Maka, bagi anda newbie (termasuk saya :D) memakai iklan jenis ppc atau pun banner iklan tidaklah terlalu efektif, karena iklan jenis tersebut harus memperhatikan SEO dan kualitas blog kita, sebab iklan tersebut biasanya sukses digunakan oleh master-master atau blogger dengan ratusan visitor (pengunjung) per harinya. Karena itulah, iklan jenis pemendek url dirasa lebih efektif digunakan oleh newbie yang sedang mencoba mencari dolar dari hobi ngeblognya. Bagaimana menurutmu?